Kamis, 16 Mei 2013

Manfaat Beras Merah


Manfaat beras merah dan kandungan nutrisinya

Mungkin lidah kamu memang sudah terbiasa dengan mengonsumsi nasi putih. Akan tetapi apa kamu tahu, bahwa ada jenis beras lain yang mempunyai kandungan nutrisi lebih banyak dibandingakan beras putih.Yap, beras merah merupakan salah satu jenis beras yang mempunyai kandungan nutrisi yang luar biasa. Beras merah adalah salah satu jenis beras yang memiliki kandungan vitamin yang paling utama adalah Vit. B dan Vit. E.
Manfaat beras merah sangatlah baik untuk tetap menjaga kesehatan dan menyembuhkan berbagai macam penyakit, wow hebatnya. Hal ini dikarenakan beras merah itu kaya akan serat alami, gizi, beberapa vitamin penting, dan kandungan mineral yang tinggi. Selain itu, beras merah juga mengandung berbagai zat penting seperti fenolat yang merupakan antioksidan yang kuat, selenium, dll. Setelah mengetahui kandungan apa saja yang ada di dalam beras merah, yuk coba kita cari manfaat dan khasiat beras merah untuk kesehatan tubuh kita.

Khasiat atau Manfaat dari mengonsumsi Beras Merah

Selama ini, kita-kita pasti hanya mengonsumsi beras putih alias nasi putih aja kan? Oleh karena itu ketertarikan mengonsumsi beras jenis lain pastilah sangat aneh ataupun terasa berbeda di mulut kita. Padahal yang sebenarnya ialah masih ada banyak lagi jenis beras yang memiliki kandungan yang sama atau bahkan lebih baik karena kandungan nutrisinya yang lebih banyak daripada beras putih, misalnya seperti manfaat beras merah.
seorang peneliti dari California AS telah mencoba suatu penelitian yang menghasilkan riset bahwa terdapat 2 jenis beras yang mempunyai manfaat untuk mengontrol atau mengurangi tekanan darah yang sewaktu-waktu bisa tinggi dan mengurangi resiko terkena penyakit serangan jantung. Dari hasil penelitian itu juga menyebutkan bahwa beberapa manfaat beras merah jauh lebih baik dibandingkan dengan beras putih, terutama sebagai pelindung tubuh dari penyakit arterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah dan tekanan darah tinggi.
Seorang peneliti dari Philedelphia AS juga mengatakan hasil riset barunya itu menyebutkan bahwa beras merah mempunyai potensi yang mungkin menjadi titik awal yang sangat baik untuk meneneliti obat pencegah penyakit kardiovaskuler.
Riset sebelumnya pernah menhasilkan bahwa zat angiotensin II yang terkandung di dalam beras merah sangat membantu untuk mengatasi penyumbatan arteri dan tekanan darah tinggi. Zat angiotensin II itu dapat ditemukan di bagian lapisan beras yang terkelupas saat mengalami proses beras merah diubah menjadi beras putih. Agar lapisan tersebut tidak terkelupas secara keseluruhan, ketika menggiling beras  merah kamu diharuskan menggunakan alat tradisional. Karena hasil gilingan dengan menggunakan alat tradisional akan jauh lebih baik dibandingkan menggunakan alat modern seperti saat ini.

Ringkasan mengenai beberapa manfaat dari beras merah

Berikut ini kita akan membahas beberapa manfaat beras merah yang mungkin bisa dijadikan referensi yang baik untuk Anda dan pastinya untuk mempertimbangkan variasi makanan pokok selain beras putih:
  1. Dengan mengonsumsi beras merah dapat membuat kulit kamu lebih halus serta mengatasi alergi.
  2. Dengan mengonsumsi beras merah dapat membantu anda untuk mencegah maupun mengatasi berbagai penyakit degeneratif seperti Diabetes militus, hipertensi, asma, lever, dll.
  3. Dengan mengonsumsi beras merah yang memiliki kandungan serat yang tinggi dapat mengatasi gangguan pencernaan, sembelit, perut kembung, serta menurunkan kadar kolesterol darah.
  4. Dengan mengonsumsi beras merah mampu meningkatkan stamina kamu, memperkuat organ tubuh, dan mengatasi rasa cepat lelah karena aktifitasmu.
  5. Dengan mengonsumsi beras merah yang memiliki kandungan vitamin B yang tinggi dapat bermanfaat untuk mencegah terserang penyakit beri-beri, sakit pinggang, reumatik, ataupun kesemutan.
Konsumsi beras merah sebagai pengganti beras putih merupakan pilihan yang baik untuk tetap menjaga kesehatan tubuh kita. Cobalah menu baru ini agar organ tubuhmu terpenuhi oleh nutrisi-nutrisi yang terkandung dalam beras merah ini. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar: